Sunday, November 11, 2012

Ini Dia Waiter Terbaik di Dunia!


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Seperti apa ya rasanya makan dilayani oleh waiter terbaik di dunia? Kalau ingin tahu mampirlah ke Tokyo. Karena di sebuah resto di Tokyo ada Shin Miyazaki yang baru-baru ini diberi gelar waiter terbaik di dunia.

Waiter berumur 35 tahun dari Chateau Restaurant Joel Robuchon di Tokyo ini memenangkan gelar tersebut dari Georges Baptiste Cup. Sebuah kompetisi internasional yang sudah diadakan di Prancis sejak tahun 1961. Miyazaki berhasil merebut gelar ini setelah menyingkirkan pesaing dari 14 negara.

Lebih dari 1.200 pelayan mengikuti kompetisi internasional ini dan pemenangnya akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 78 juta. Mereka juga mendapat kesempatan bekerja di operator jaringan restoran Wowprime Corp.

Saya berlatih setiap hari selama bertahun-tahun dan saat ini saya mendapatkan penghargaan. Ini baru sebuah permulaan, esok saya kembali bekerja dan memberikan yang terbaik, kata Miyazaki kepada The AFP (10/11/2012).

Dalam kompetisi ini, juri profesional menilai mulai standar etiket pelayanan, kecepatan, dan keramahan. Salah satu juri menjelaskan, kriteria menjadi seorang pelayan yang baik adalah seseorang mengetahui apa yang diinginkan tamu dan tidak hanya untuk membantu tetapi untuk membuat tamu merasa nyaman.

The George Bapstiste Cup sebenarnya merupakan kompetisi dengan tiga kategori berbeda. Yang pertama kali dibuat khusus untuk waiter Prancis, kompetisi khusus waiter dari Eropa dimulai tahun 1991, dan kompetisi terakhir yang paling baru adalah kompetisi tingkat internasional.

Kompetisi internasional pertama digelar tahun 2000, 40 tahun setelah kompetisi pertama dimulai. Tahun 2000 kompetisi diadakan di Kanada, kemudian Perancis, Mexico, dan Vietnam. Pada tahun 2012 ini diadakan di Taipei.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment