Friday, November 9, 2012

Jangan Pakai Sumpit Jika Ingin Menikmati Citarasa Asli Sushi


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Seperti makanan Jepang lainnya, kita terbiasa menyuapkan sushi ke mulut dengan sumpit. Tahukah Anda bahwa cara ini dapat mengurangi kenikmatan citarasa asli sushi? Karena itu gunakanlah tangan untuk menyantap sushi.

Tatacara yang terdengar aneh ini diucapkan oleh Koji Sawada, pemilik restoran Sushi Sawada berbintang Michelin dua di Jepang. Menurutnya, khusus nigirisushi (nasi sushi dengan irisan daging ikan di atasnya), sebaiknya disantap dengan tangan.

Caranya, pegang sushi dengan lembut. Balikkan sehingga ikannya berada di bawah, lalu celupkan ke soy sauce (murasaki/shoyu) sedikit saja. Langsung masukkan sushi secara utuh ke mulut. Biarkan tekstur dan lembutnya citarasa ikan yang berpadu dengan soy sauce menjejak lidah.

Langkah terakhir tadi juga berlaku meski sushi yang Anda cicipi berkualitas tinggi dan sudah enak tanpa soy sauce. "Ikannya harus menyentuh lidah terlebih dahulu," ujar Sawada, seperti dikutip dari CNN Go (04/12/11).

Mengapa Sawada tak menyarankan penggunaan sumpit? "Mencelupkan sisi sushi yang mengandung ikan terlebih dahulu setelah mengangkatnya tak mudah dilakukan dengan sumpit," katanya. Penggunaan sumpit juga dapat membuat nasinya tertekan atau lepas dari sumpit.

Jika nasinya duluan yang dicelupkan ke soy sauce, akan terlalu banyak saus yang diserap sehingga keseimbangan rasanya akan rusak. Nasinya juga menjadi mudah buyar. Apalagi jika Anda mencicipi nasi dari sushi terbaik yang biasanya dikepal agak longgar. Sawada sengaja memasukkan banyak udara di antara butiran nasi agar sushinya terasa lumer nikmat di mulut.

Makanya, di restoran sushi biasanya disediakan handuk atau tisu basah untuk mengelap tangan sebelum makan dan di antara suapan. Lantas, apa fungsi sumpit yang disediakan di sini? Ternyata, alat makan ini digunakan untuk mengambil gari (acar jahe yang berwarna merah muda).

Di Jepang, sushi memang lebih banyak disantap dengan sumpit daripada tangan. Bagaimanapun juga, Sawada yakin hanya tanganlah yang dapat menyampaikan kenikmatan asli dari sushi. "Seperti makan kari di India, rasanya lebih enak jika dengan tangan," ucapnya.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment