Sunday, November 11, 2012

Krenyes Gurih Tarte Flambee, Pizza Tipis dari Alsace


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Makanan khas Prancis ini mirip pizza Italia. Terbuat dari adonan roti yang digilas tipis, dibentuk segitiga atau bundar dan diberi aneka topping kemudian dipanggang kering. Konon penganan ini sudah digemari sebelum pizza menjadi popular di dunia.

Tarte flambee, nama makanan dari Alsace, Perancis ini. Tampilannya persis pizza dari adonan roti yang tipis dengan aneka topping. Di atasnya diberi sour cream untuk memberi sentuhan lembut gurih sedikit asam.

Walaupun berasal dari Prancis, namun sajian yang disebut tart atau pie ini juga dikenal di berbagai negara dengan nama berbeda. Orang di Alastian menyebutnya 'flammekueche', sementara di Jerman disebut 'flammkuchen' yang berarti 'flame cake'.

Pemakaian kata flambe biasanya merujuk pada proses memasak dengan menyalakan hidangan memakai minuman beralkohol. Namun tart yang satu ini tidak memakai cara tersebut, hanya memakai kayu api untuk memanggangnya.

Beberapa variasi tarte flambe diantaranya 'gratinee' yang memakai keju gruyere. Ada pula 'forestire' yang memakai jamur sebagai pengganti lemak. Sedangkan 'munster' diberi tambahan keju munster. Juga ada 'tarte flambe' dengan rasa manis, memakai apel, kayu manis, dan dimasak dengan minuman alkohol beraroma manis.

Konon pencipta tart ini adalah petani di Alsace yang biasanya membuat roti seminggu sekali. Tarte flambee aslinya adalah kue khas rumahan yang tidak terlalu populer sampai datangnya fenomena pizza pada tahun 1960-an.

Prinsip penyajian tarte flambe tergantung selera. Karena adonan kue yang sudah ditipiskan bisa diberi beragam topping yang asin atau manis, sesuai selera. Jadi, tak berbeda jauh dengan pizza khas Italia.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment