Thursday, November 1, 2012

Bingung Dengan Istilah Racikan Kopi? Coffee Shop Ini Punya Solusinya!


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Berbagai istilah dalam minum kopi sering bikin bingung. Tak semua orang pahan dengan sebutan capuccino, latte dan mocha yang sering digunakan saat memesan kopi. Karena alasan ini, sebuah gerai kopi merubah nama-nama tersebut dengan sebutan yang lebih gampang diingat.

Seperti dimuat dalam The Huffington Post (31/10), Department Store asal Inggris, Debenhams, yang berlokasi di Oxford Street berinisiatif mengganti nama-nama kopi yang dijual di sana. Jadi pengunjung tak perlu lagi menyebut mocha, latte, black coffee ataupun cappucino.

Nama-nama kopinya dirubah dan jadi lebih mudah dimengerti. Misalnya black coffee, di sini namanya diganti menjadi simple coffee - with or without milk, kemudian caffe latte menjadi really really milky coffee, cappuccino berubah jadi frothy coffee. Ada juga pilihan chocolate flavoured coffee sebagai pengganti caffe mocha, dan a shot of strong coffee yang menggantikan sebutan espresso shot.

Lalu bagaimana dengan istilah ukuran gelas kopi? Menurut Dailymail (30/10), kini tak ada lagi istilah "tall", "grande" ataupun "venti" di gerai kopi di Debenhams. Pilihan ukuran gelas kopi bisa dipilih dengan hanya menyebutkan "cup" ataupun "mug".

Menurut John Baker, Director of Food Services Debenhams, pihaknya mencoba untuk mengubah konsep menu, dengan tujuan agar pembeli bisa memesan kopi sesuai dengan kesukaannya. Hal ini juga disambut baik oleh Chrissie Maher dari Plain English Campaign, karena bisa memudahkan pembeli dengan bahasa dan istilah yang lebih jelas.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment