Monday, November 5, 2012

Borges Chef Cooking Competition 2012 Kedua Sukses Digelar di Bali


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Setelah digelar di Jakarta beberapa bulan lalu, kini Borges Chef Cooking Competition 2012 juga digelar di Bali. Lima belas chef dari hotel dan restoran ikut berpartisipasi untuk bersaing menunjukkan kebolehannya.

Pada Sabtu (3/11) dalam rangkaian Nusa Dua Fiesta 2012 di Nusa Dua, Bali digelar Borges Chef Cooking Competition 2012. Kali ini diselenggarakan sebagai rangkaian sejumlah acara Nusa Dua Fiesta 2012. Kompetisi memasak antar che fhotel dan restoran ini didukung penuh oleh Borges Olive Oil asal Spanyol yang didistribusikan oleh PT Prambanan Kencana.

Berkerja sama dengan Indonesian Chef Association Bali PT Prambanan Kencana selaku distributor Borges Olive Oil Indonesia hanya memilih 15 hotel dan restoran yang masing- masing diwakili oleh 2 orang chef.

Peserta diminta memasak 2 hidangan, hot appetizer dan main dish dengan menggunakan produk Borges Olive Oil (Extra Virgin dan Virgin Olive Oil), Borges Red Wine Vinegar dan Borges Balsamic Vinegar.Dalam waktu 75 menit peserta harus mampu membuat 2 menu istimewa yang masing-masing untuk 3 porsi.

Peserta juga dibagi menjadi 3 kelompok masing-masing 5 peserta yang bergiliran memasak. Sebelum dimulai peserta wajib mengambil undian untuk menentukan bahan utama yang yang dirahasiakan isinya. Bahan utama yang disediakan berupa fillet beef, fillet chicken dan fillet dory fish.

Penilaian para juri meliputi kebersihan selama memasak, ketepatan persiapan, rasa, tampilan dan tentunya ketepatan dalam penggunakan produk Borges. Tim juri terdiri dari lima orang, diantaranya Odilia Winneke (Managing Editor Detikfood), Henry Alexie Bloem (President of ICA), Lucky Permana (ICA West Coordinator Area), Agus Pandetria (The Ayana) dan Stefan Mueller (Bali Garden Resort).

Meskipun persaiangan begitu ketat, para juri berhasil menobatkan peserta dari St. Regis Hotel Bali dengan nilai 424 sebagai pemenang utamanya. Dua menunya Smoke Chicken with Borges Oil Confit dan Slow Pan Roated/Beef Tenderloin disajikan begitu unik dan lezat.

Untuk pemenang kedua diraih oleh Conrad Hotel Bali dengan nilai 374. Menu yang disajikan adalah Crusted Nut Dori Fish (Cooked Sous-vied) with exotic boutique Salad & White Balsamic Vinegar Dressing juga Pan Seared Beef Tenderloin, Taro Puree with Smoked Jaborandi pepper, confit of baby vegetable & port juice Sauce.

Sedangkan pemenang ketiga dengan nilai 331 diraih oleh Bali Safari & Marine Park Hotel. Mereka menyajikan dua menu lezat berbahan dasar daging dan ayam yaitu Medium Beef with Red Cabbage jam in Balsamic Vinegar & Tomato Basil Mujito Squash dan Chicken Stuffed with vegetable comfit in extra virgin & potato pondoue.

Pemenang pertama mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 5 Juta berikut paket liburan untuk 2 orang, pemenang kedua memperoleh Rp. 4 Juta dan pemenang ketiga sebesar Rp. 3 Juta.

"Dengan kompetisi ini diharapkan akan para chef makin trampil dan terasah kemampuannya terutama dalam menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi,' demikian tutur Bapak Rollie selaku Area Manager Bali PT Prambanan Kencana. 'Kami memberikan dukungan penuh untuk kompetisi seperti ini karena inilah wadah yang paling bagus untuk para chef meningkatkan ketrampilan dan wawasannya. Karenanya kami, ICA Bali akan selalu mendukung kompetisi yang bagus untuk para anggota kami,' tutur Henry Alexie Bloem, selaku Ketua ICA Bali dalam sambutannya.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment