Monday, November 19, 2012

Daging Mahal, Yuk Beralih Ke Protein Nabati!


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Harga daging sapi yang melonjak tajam, bahkan mencapai Rp. 100.000,00/kg tentu membuat banyak pihak kebingungan. Daging sapi menjadi salah satu menu sehari-hari yang mampu memberikan asupan protein yang tinggi. Lalu bagaimana menyiasati kebutuhan protein jika harga daging kian tak terjangkau?

Untuk mengakalinya, konsumsi saja makanan lain yang kandungan proteinnya setara atau justru lebih banyak dari daging sapi. Dari kacang-kacangan, biji-bijian dan juga olahan kedelai mengandung protein tinggi.

Salah satu alternatif terbaik adalah tempe. Seperti dimuat dalam artikel detikFood sebelumnya , 100 gram tempe mengandung 20,8 g protein. Lebih besar dibandingkan dengan sumber protein hewani dari daging yang mengandung 17,5 g protein per 100gram. Selain itu, tempe juga mengandung vitamin B, zat besi, dan antioksidan di dalamnya.

Selain itu, produk olahan kedelai lainnya yaitu tahu seukuran setengah cangkir mengandung 10 gram protein, dan susu kedelai percangkirnya mengandung 7 gram protein. Selain lebih mudah dicari, tempe dan olahan kedelai ini juga memiliki harga jual yang jauh lebih murah dibandingkan daging.

Lain lagi dengan kacang. Makanan ini sering dikonsumsi pelaku vegan untuk memenuhi kebutuhan protein sehari-hari. Menurut www.healthaliciousness.com, kacang tanah mengandung 23,7 gram protein setiap 100 gram penyajian. Secangkir kacang merah juga mengandung sekitar 13,4 gram protein.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment