Wednesday, November 14, 2012

Di Food Truck Ini Para Ibu Bisa Menyusui dengan Nyaman


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Sebuah food truck dengan warna cerah melintas. Di atapnya terdapat gunungan warna pink yang mirip payudara raksasa. 'The Milk Truck: Feed Your Baby Everywhere' tertulis di badan mobil. Apakah food truck ini berjualan susu?

Food truck merupakan metode penjualan makanan dengan mobil besar. Umumnya food truck ini seperti restoran yang bisa berpindah-pindah. Cara tersebut lumrah dilakukan di Amerika Serikat. Biasanya, mobil yang digunakan memiliki tampilan unik agar menarik pengunjung.

Milk Truck sendiri berwarna biru, pink, dan merah. Sekilas, mungkin Anda menyangka food truck ini berjualan produk susu seperti es krim untuk anak-anak. Memang, menurut situs Foodbeast (08/11/12), truk ini awalnya digunakan untuk berjualan es krim. Namun, kini fungsinya telah berubah.

Milk Truck merupakan tempat menyusui yang dapat berpindah-pindah. Ibu yang ingin menyusui bayinya dapat duduk di kursi nyaman dan dilindungi kanopi. Jadi, ketika si kecil mulai menangis kelaparan, ibu dapat segera memberi ASI dengan tenang.

Menyusui anak di tempat umum memang menjadi dilema bagi ibu. Tak mungkin membiarkan si buah hati menangis meraung-raung karena kelaparan, terutama bagi ibu yang memberikan ASI eksklusif.

Di sisi lain, masyarakat belum bisa menerima pemandangan ibu yang memperlihatkan payudaranya meski untuk tujuan menyusui. Ruang khusus untuk memberikan ASIpun jarang ditemukan, sementara WC tentu tak nyaman, baik bagi ibu maupun bayinya.

Makanya, Jill Miller membuat Milk Truck untuk mengampanyekan pemberian ASI. Miller merupakan seniman dari School of Art, Carnegie Mellon University di Pittsburgh, Amerika Serikat. Kreasi unik ini dipamerkan pada Pittsburgh Biennial 2011 di Andy Warhol Museum.

"Misi utama Milk Truck adalah membantu bayi yang lapar untuk makan. Kami menyediakan lingkungan mendukung bagi wanita untuk menyusui bayinya," tulisnya di situs resmi Milk Truck (20/06/12).

Informasi lokasi Milk Truck bisa diketahui dari Facebook, Twitter, dan websitenya. Setiap minggunya, mobil ini juga akan mengunjungi perusahaan yang memperbolehkan ibu menyusui. Sebagai tanda penghargaan, Milk Truck akan mempromosikan perusahaan tersebut.

Selain itu, jika mengalami perlakuan tak menyenangkan karena menyusui di depan umum, sang ibu dapat mengirimkan twit ke Milk Truck berisi lokasi dan informasi situasinya. Milk Truck akan datang dan menyediakan tempat yang nyaman bagi sang ibu dan anaknya.

Saat ini, Milk Truck sedang mengurus perizinan menjadi lembaga nonprofit kategori 501(c)(3). Artinya, gerakan ini akan terus mendorong hak bayi untuk bisa mendapat ASI di mana saja dan kapan saja.

Andai ada lebih banyak mobil seperti ini ya.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment