Saturday, November 10, 2012

Kekenyangan Menyantap Gurihnya Nasi Penggel!


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Tak cuma sate ambal atau lanting, amun Kebumen juga punya menu lain yang khas dan banyak dicari. Namanya nasi penggel, merupakan nasi kepal yang disajikan dengan lauk sayur nangka muda dan kikil. Disajikan di atas piring beralaskan daun pisang. Gurih-gurih lezat!

Cara penyajian nasi penggel ini unik. Nasinya dibuat menjadi bulatan-bulatan kecil sebesar bola pingpong. Seporsi nasi penggel biasanya terdiri dari 7 hingga 8 bulatan nasi. Biasanya disajikan di atas piring yang sudah diberi alas daun pisang. Dijamin kenyang dan mengobati lapar!

Biasanya, penjual nasi penggel menyediakan aneka lauk yang bisa dipilih, seperti tempe mendoan, tahu, telur, juga kerupuk dan rempeyek. Namun dua lauk utama nasi penggel adalah gori atau sayur nangka yang dimasak gurih dengan santan, dan juga kikil yang bertekstur kinyil-kinyil.

Di Kebumen, nasi penggel dijual dengan harga sekitar Rp. 4.000 hingga Rp. 10.000 seporsinya, tergantung lauk tambahan apa yang dipilih. Jika ingin menikmatinya, bisa menemukan penjual nasi penggel di kawasan alun-alun Kebumen. Yuk cicip!

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment