Thursday, November 8, 2012

Lembaga Halal Malaysia buat Panduan Industri Halal


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Jabatan Kemajuan Islam Malaysia atau Jakim akan meluncurkan direktori industri halal. Panduan ini memuat informasi lengkap mengenai produk dengan sertifikasi halal Jakim. Tentu ini berguna untuk para konsumen Muslim, sekaligus sebagai panduan informasi bagi para pendatang ataupun turis di Malaysia.

Seperti dimuat dalam BERNAMA (06/11/2012), direktori ini akan berisi daftar lengkap produsen makanan halal, pabrik, barang konsumsi dan juga pengusaha daging halal. Semuanya sudah memiliki sertifikat dan logo halal yang dikeluarkan oleh Jakim.

Rencananya, direktori ini akan mulai didistribusikan pada pertengahan Desember. Di dalamnya memuat 1.060 daftar perusahaan halal yang sudah bersertifikat Jakim. Harganya sekitar Rp. 78.000,00 per eksemplar.

Panduan lengkap ini bisa menjadi sumber informasi bagi konsumen untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai perusahaan lokal mana saja yang sudah memiliki jaminan kehalalan. Tak cuma dari Jakim, namun perusahaan tersebut juga sudah mendapatkan izin dari departemen terkait.

Menurut Datuk Seri Jamil Khir Baharom selaku Menteri Di Jabatan Perdana Menteri Malaysia, penyebaran direktori pertama ini juga bertujuan untuk memberikan informasi akurat bagi para pengusaha dan juga masyarakat.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment