Wednesday, November 14, 2012

Pule Keju Keledai Termahal Di Dunia


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Sebelumnya keju Parmigiano Reggiano dari Italia dan keju Camembert dari Prancis dinobatkan sebagai keju termahal. Namun kini keju yang terbuat dari susu keledai ini berhasil menggeser kedudukan tersebut dan menjadi keju termahal di dunia.

Keju merupakan olahan susu sapi, keledai, kambing, kerbau atau onta yang telah difermentasikan. Rasanya asam, padat dan lembut. Lain halnya dengan keju yang terbuat dari susu keledai. Teksturnya mudah hancur, berwarna putih dan mirip dengan keju manchego dari Spanyol, namun rasanya lebih lembut dan gurih enak.

Sebuah peternakan keledai di Zasavica, Serbia berhasil mengolah susu keledai menjadi keju berkualitas dunia. Mengingat kelangkaan bahan dan mahalnya biaya produksi tak heran jika harganya sangat tinggi. Bahkan untuk membuat 1 kg keju saja, membutuhkan 25 liter susu keledai.

Keju yang bernama 'pule' ini dijual sekitar Rp. 5.184.000 per 450 gram. Meskipun harga jual sudah diturunkan, namun tetap saja harga keju pule terbilang paling mahal di dunia. Penobatan keju termahal ini juga sudah disertifikasi oleh World Record Academy.

Namun jika dijual di pasar bebas harganya bisa mencapai Rp. 15,3 Juta per 450 gramnya. Untuk membantu mempromosikan keju ini, kamipun memutuskan untuk menjualnya dengan harga yang masuk akal, sekitar Rp.12.225.000 per 450 gram. kata Slobodan Simic, seorang kepala perternakan keledai di Zasavica kepada Reuters.

Untuk mendapatkannyapun tidak mudah, karena tidak diproduksi secara komersial dan tidak dijual di pasar bebas. Seperti yang dilansir HuffingtonPost (13/11/2012), untuk mendapatkan keju pule bisa dipesan dalam situ web New York Cheese king Murray's.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment