Thursday, November 1, 2012

Slurp... Kue Sus Ini Bisa Disedot Isinya!


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Kue sus berbeda yang kue lainnya. Ciri khasnya terletak pada krim di dalam kue yang berongga. Jika krimnya nikmat dan tak pelit, pastilah kue sus ini jadi terasa enak. Apalagi kalau krimnya bisa disedot, seperti sus di Jepang ini!

Kue sus punya banyak nama, di antaranya soes (Belanda), choux la crme (Perancis), dan cream puff (Amerika/Jepang). Umumnya 'kulit' kue ini bertekstur alot atau sedikit renyah. Bentuknya agak bulat dengan bagian atas yang 'keriting'. Kulitnya dibelah dua, kemudian diisi dengan vla atau custard.

Ada banyak variasi kulit, krim, maupun topping susnya. Salah satunya adalah kue sus yang krimnya dapat disedot, yaitu 'Peko-chan's Hat (Milky Cream)'. Peko-chan adalah maskot Fujiya (perusahaan permen di Jepang), yakni anak perempuan berponi dan berkuncir dua yang lidahnya menjulur ke samping. Di luar Jepang, Peko-chan dikenal dengan nama 'Milky'.

Reporter situs Rocket News 24 mencicipi kue sus unik ini. Saat kotaknya dibuka, kue sus seukuran genggaman tangan tampak biasa saja. Sekilas mirip cupcake karena terdapat cup di bawahnya. Merekapun sempat sangsi apakah kue sus ini memang bisa 'diminum'. Namun, di dalam kotak juga terdapat sedotan yang akan segera menjawab keraguan mereka.

Mereka menusukkan sedotan ke kue sus, lalu menyedot isinya. "Krimnya yang manis dan lembut berjalan lambat menaiki sedotan. Krim ini benar-benar enak!" tulis mereka pada (18/04/12). Namun, karena tak seluruh krimnya dapat disedot, akhirnya mereka menyantapnya seperti kue sus biasa.

Kesimpulannya, menurut Rocket News 24, krimnya benar-benar dapat diminum namun tetap mempertahankan kualitasnya sebagai isian kue sus. "Benar-benar pengalaman makan yang baru dan manis. Rasanyapun dapat membuat Anda tersenyum!" reporternya berkomentar.

Peko-chan's Hat (Milky Cream) tersedia dalam boks isi empat kue sus. Kue ini dijual eksklusif di toko Fujiya di Ginza, Jepang. Harganya tergolong mahal, yakni 780 yen (Rp 94.000). Namun, bagi pecinta makanan manis, kue sus unik ini patut dicoba!

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment