Thursday, November 8, 2012

Wah, Ada Museum Permen Pez di Amerika!


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Masih ingat dengan permen Pez? Ciri khas permen ini adalah dispensernya yang panjang dan memiliki 'kepala' bergambar tokoh kartun. Permen ini digemari oleh anak-anak sejak dulu sampai sekarang. Kalau Anda salah satu kolektornya, datanglah ke museum Pez di Amerika Serikat.

Pez ditemukan pada 1927 di Austria. Awalnya, permen berbentuk bata mungil ini hanya memiliki rasa peppermint. Karena itulah, namanya mengambil huruf awal, tengah, dan akhir dari kata pfefferminz atau peppermint dalam Bahasa Jerman.

Dulu, Pez dijual dalam kaleng kecil dan ditujukan untuk orang dewasa yang ingin berhenti merokok. Dispensernya baru ditemukan pada 1950, namun tanpa kepala bergambar tokoh kartun. Barulah pada 1952 dispensernya berkepala dan permennya memiliki aneka rasa buah.

Permen Pez berbentuk seperti bata-bata mungil. Untuk mengeluarkannya, tinggal dongakkan kepala dispenser dan permen akan menonjol keluar. Dispensernya dapat diisi ulang. Di Indonesia, Pez dapat diperoleh di supermarket.

Menurut website Burlingame Pez Museum, hingga kini ada 500 model kepala dispenser dan 20 rasa permen yang pernah dibuat. Karena keunikan dan banyaknya variasi, dispenser Pez seiring dijadikan koleksi. Bahkan, di dekat San Francisco International Airport, AS, terdapat Burlingame Museum of Pez Memorabilia!

Museum unik ini dibuka pada 1995 oleh Gary dan Nancy Doss. Keduanya sudah mengoleksi dispenser Pez selama berpuluh-puluh tahun. Mereka mengklaim memiliki setiap contoh dispenser Pez yang pernah dijual.

Menurut Jan Friedman dalam buku Eccentric California, pada 2005 ada sekitar 550 jenis dispenser Pez yang dipajang. Jumlah ini terus bertambah dengan kehadiran model-model dispenser baru. Koleksi terkininya adalah satu set dispenser Hot Wheels yang mobil-mobilannya dapat dipakai bermain. Berisi dua dispenser dan mobil, paket ini dijual dengan harga $9.95 (Rp 96.000).

Menurut London Times, koleksinya yang paling langka adalah karakter Mr Potato Head. Dispensernya ditarik dari pasaran pada 1973 karena bagian kecilnya berisiko tertelan oleh anak-anak. Harganya 3.500 poundsterling (Rp 53,8 juta)!

Masih banyak lagi koleksi tematik dispenser Pez yang dapat dibeli. Ada yang berbentuk Barbie, Spongebob Squarepants, The Simpson, bahkan wajah Elvis Presley. Sebut saja kartun apapun, pasti ada versi Peznya. Belum lagi aksesoris seperti rak koleksi, penutup rak, 'kaki' dispenser, hingga gantungan kunci dispenser Pez.

Pada 2007, museum mungil ini menghadirkan dispenser Pez terbesar di dunia yang memecahkan rekor Guinness World Records. Tingginya sekitar 2,3 meter atau 20 kali dispenser Pez biasa dengan berat 38,5 kg. Berkepala manusia salju, dispenser ini dapat mengeluarkan kapsul plastik berisi 6.480 permen Pez ukuran standar.

Museum dan websitenya sanggup menarik kolektor dari seluruh dunia. Display interaktifnya menjelaskan apapun yang ingin Anda ketahui tentang Pez. Tak hanya menampilkan koleksi dispenser Pez secara lengkap, pada 2004 dan 2010 museum ini diperluas dengan menambahkan Classic Toy Museum dan Banned Toy Museum.

Biaya masuknyapun murah, paling mahal $3 (Rp 29.000) per orang. Bagi Anda yang menggemari permen Pez atau menyenangi mainan, Burlingame Museum of Pez Memorabilia bisa jadi tujuan wisata. Yuk berkunjung!

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment