Saturday, November 17, 2012

Wah, Korea Selatan Kini Impor Kimchi dari Cina


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Bicara tentang hidangan khas Korea, pasti orang-orang langsung mengingat kimchi. Di negara asalnya, makanan tradisional ini banyak digunakan dalam sup, mie, atau disantap begitu saja. Karena konsumsinya sangat tinggi, Korea Selatan pun harus mengimpornya dari negara tetangga!

Kimchi adalah sayuran yang dijadikan acar agar awet. Sayuran seperti sawi putih, lobak, dan mentimun diberi macam-macam bumbu sehingga rasanya asam sedikit pedas.

Kimchi tak hanya populer di Korea, melainkan juga di negara-negara Asia. Bahkan, seiring mewabahnya budaya Korea, acar sayuran ini juga tenar di negara-negara Barat.

Menurut situs Rocket News 24 (10/10/12), konsumsi kimchi per orang di Korea mencapai 18 kg per tahun. Wajar saja, karena Korea adalah negara asalnya. Tak heran banyak yang menganggap Korea mengekspor kimchi ke negara lain. Padahal, fakta justru menunjukkan sebaliknya.

Berdasarkan laporan pertanian yang diluncurkan Jumat (09/10/12), setengah dari kimchi yang dikonsumsi di Korea diproduksi dan diimpor dari Cina. Memang, sejak 2007, impor kimchi di Korea telah meningkat sampai 40%.

Artinya, negara tersebut kini menghabiskan $12 juta (sekitar Rp 115,5 miliar) setahun untuk kimchi saja. Angka fantastis tersebut setara dengan tur luar angkasa naik Virgin Galactic sebanyak 60 kali. Wow!

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment