Friday, November 2, 2012

Malaysia Gelar Kompetisi Masak Menu Halal


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Sebagai negara dengan jumlah penduduk Muslim yang tinggi, Malaysia gencar mempromosikan kuliner halal. Salah satu wujudnya adalah dengan menyelenggarakan International Halal-Food Cooking Competition. Para chef Malaysia dan China akan unjuk kebolehan di ajang ini!

Gelaran ini merupakan yang kedua kali, setelah tahun lalu sukses digelar. Seperti dimuat dalam New Strait Times (31/10/2012), acara ini diselenggarakan untuk mempromosikan masakan a la China dan Malaysia pada dunia. Sebagai hadiahnya, ada uang tunai sebesar RM 3,040 atau sekitar Rp. 95 juta.

Acara ini akan diselenggarakan di Tun Razak Hall 1, Putra World Trade Centre. Merupakan hasil kerjasama antara Kementrian Pariwisata Malaysia, The Malaysia Selangor, dan juga Federal Territory Ku Su Shin Choong Hung Restaurant Association.

Menurut pihak penyelenggara yang diwakili Lum Tuk Loy, menu yang ditampilkan harus menampilkan keunikan kuliner khas China. "Kami berharap chef yang bekerja di restoran halal internasional ataupun di hotel bisa berpartisipasi di kompetisi ini," kata Lum Tuk Loy.

Selain acara masak, ada juga festival kuliner yang diselenggarakan. Di sini, restoran terkenal Malaysia bisa memamerkan menu-menunya sekaligus berpormosi mengenai paket-paket hidangan dengan harga khusus.

Acara ini juga diramaikan dengan pedagang jajanan asal China, Malaysia dan India untuk mempromosikan makanan lokal yang dijual. 3 menu yang direkomendasikan adalah mee rebus, rojak, dan yong tau foo. Ada juga assam laksa, sate, fried kuey teow, nasi lemak, nasi briyani, nasi ayam Hainan, dan lainnya.

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment