Monday, November 19, 2012

Nasi Udang Plus Teh Poci Hmm... Uenak Tenan!


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Restoran yang satu ini cocok buat mereka yang berlidah Jawa. Ada pindang kudus yang disajikan mengepul panas dalam wadah daun pisang, nasi udang, atau nasi langgi. Semuanya disajikan bertabur serundeng yang manis-manis gurih. Nyam nyam... enak tenan!

Rindu kampung? Jika ya, bolehlah Serundeng Djawa Resto yang terletak di Jl. Gunawarman ini dijadikan tempat pelepas rindu makanan kampung halaman. Resto mungil yang menjadi bagian dari salon House of OPI ini tidak besar namun ditata cukup apik. Sayang salon di sebelah sudah tutup sehingga saya harus puas dengan mengisi perut saja.

Setelah melirik menu-menunya, ternyata hidangan Jawa di Serundeng cukup banyak. Ada pindang Kudus, nasi langgi, nasi bogana, soto tangkar, pecel Madiun, laksa, dan masih banyak lainnya. Pantaslah kalau restoran ini menyandang kata 'Serundeng' sebab semua menu nasinya ditaburi serundeng, yaitu parutan kelapa berbumbu yang digoreng kering sehingga rasanya manis gurih enak.

Kangen mencicipi pindang Kudus saya pun memilih menu tersebut dan seporsi nasi udang berlauk komplet untuk teman saya. Pindang Kudus ini terdiri dari irisan daging sapi yang diiris tipis-tipis serta daun melinjo. Kuahnya yang keruh kecoklatan mengepul panas dalam mangkuk berlapis daun pisang. Slurpp... rasanya lamat-lamat manis dan sedikit gurih saat dihirup perlahan.

Bagi saya yang tak suka rasa manis rasanya memang terlalu manis, namun rupanya tidak bagi teman saya yang berlidah Jawa. Setelah ditambahkan sambal barulah terasa lebih pas di lidah. Apalagi setelah disuap bersama nasi putih hangat bertabur serundeng yang cukup royal nyam...nyam uenak tenan.

Nasi udang juga tak kalah menggugah selera. Hidangan tersebut disajikan dalam wadah bambu berlapis daun pisang. Setangkup nasi putih yang juga bertabur serundeng dikelilingi aneka lauk pauk. Sebut saja orek tempe dan buncis, kentang yang diiris tipis, daging ungkep, dan udang kecil berbalut tepung tipis digoreng kering.

Hmm... nikmatnya nasi bertabur serundeng saat disantap dengan aneka lauk pauk. Kentang yang digoreng tipis terasa keriuk renyah serta dagingnya yang empuk berpadu serasi di mulut. Secangkir teh poci panas yang dihirup langsung dari cangkir tanah liat yang disajikan lengkap bersama gula batu menambah sempurna hidangan ini.

Apalagi untuk menebus kelezatan seporsi pindang Kudus dan nasi udang ini saya tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Keduanya dibandrol dengan harga Rp 25.000,00 per porsi. Ditambah Rp 10.000,00 untuk mereguk kenikmatan teh poci. Pastinya lain kali saya akan datang kembali!

Serundeng Djawa Resto

House of OPI

Jl. Gunawarman No. 81, Kebayoran Baru

Jakarta Selatan

Telp: 021-7246071

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment