Sunday, November 18, 2012

Progam Acara Memasak di TV Bisa Sebabkan Kegemukan


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Acara memasak di TV seperti Nigella Kitchen, Masterchef, dan Jamie Oliver merupakan acara TV popular di dunia. Acara ini diharapkan bisa memicu semangat untuk memasak sendiri. Namun, nyatanya ada juga dampak negatifnya yang perlu diwaspadai.

Di sebuah studi terbaru, para peneliti mendapati temuan baru. Penonton acara memasak akan cenderung mengonsumsi makanan tidak sehat saat mereka menonton acara memasak daripada mereka yang memilih acara TV tentang alam.

Para peneliti yakin bahwa program acara yang berhubungan dengan makanan akan mempengaruhi perilaku konsumsi makanan. Antara lain memicu keinginan untuk mengonsumsi produk sarat kalori.

Tim peneliti dari Hobart and William Smith Colleges di New York, Amerika Serikat merekrut 80 orang dewasa untuk menemukan dampak tontonan televisi kita terhadap selera makan. Sebagian dari responden diminta untuk menonton acara memasak, sementara sisanya menonton acara tentang alam.

Di hadapan mereka diberikan tiga mangkuk berisi cokelat lapis gula, cheese curls, dan wortel mentah. Tiap makanan tersebut ditimbang terlebih dahulu. Setelah itu, para peneliti menimbang makanan-makanan tersebut lagi untuk melihat berapa banyak yang sudah dimakan.

Mereka menemukan responden yang menonton program memasak ternyata mengonsumsi cokelat lapis gula lebih banyak. Penonton acara tentang alam ternyata lebih memilih wortel.

Cokelat berlapis gula secara signifikan banyak dikonsumsi oleh mereka yang menonton program memasak. Penemuan ini bisa dimanfaatkan dalam langkah pencegahan obesitas, kata peneliti dalam jurnal Appetite (16/11/2012).

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment