Monday, November 5, 2012

Sekolah Berperan Penting Bentuk Pola Makan Sehat Anak


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Ketika si kecil sudah memasuki usia sekolah, kebutuhan nutrisiny ajuga berbeda. Karenaya mengatu rpola makan di rumah tetap perlu dilanjutkan di sekolah. Mengingat ia akan lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah. Sekolah turut berperan dalam pembentukan pola makan sehatnya.

Ternyata pola makan sehat tak hanya harus diterapkan di rumah. Di sekolahpun, pola makan sehatnya harus tetap terkontrol. Dalam hal ini gurulah yang berperan penting untuk membimbing anak dalam menerapkan pola makan sehat.

Seperti yang disebutkan dalam situs healthykids.nsw.gov.au, kebanyakan anak menghabiskan banyak waktu di sekolah. Saat itulah kebutuhan nutrisi si kecil harus terpenuhi. Selain jenis makanan, waktu makan di sekolah juga harus di perhatikan dengan benar.

Jika pola makan sehat diterapkan sejak kecil dampak positifpun akan dirasakannya saat dewasa. Seperti mencegah kelebihan berat badan atau obesitas juga menjaga kesehatannya dalam jangka panjang.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) kebutuhan energi tiap usia berbeda-beda, untuk anak usia 1-3 tahun sebanyak 1.000 kkal dengan kebutuhan protein sekitar 25 gram. Sedangkan anak usia 4-6 tahun sebesar 1.550 kkal dan kebutuhan protein 39 gram.

Selain itu, kebutuhan akan air juga berbeda-beda. Untuk anak usia 1-6 tahun sekitar 1,1-1,4 liter atau sekitar 5-7 gelas perhari. Untuk usia selanjutnya bisa ditambahkan jumlah asupan airnya.

Jika ingin si kecil tetap mendapat asupan yang baik, Anda bisa bawakan bekal makan siang. Cukup siapkan menu yang praktis seperti, nasi goreng sayuran atau sandwich. Jangan lupa bawakan juga minumannya bisa berupa jus buah, jus sayuran atau air putih.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment