Tuesday, November 13, 2012

Sepotong Iwo Jima Cake untuk Merayakan Hari Veteran


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Enam orang tentara terlihat bersusah payah menancapkan bendera Amerika Serikat. Tubuh mereka berbalur lumpur cokelat yang terasa lezat. Kali ini, foto 'Raising the Flag on Iwo Jima' diwujudkan dalam bentuk cake untuk para veteran perang.

'Raising the Flag on Iwo Jima' adalah foto bersejarah tentang enam orang tentara yang menancapkan bendera AS di puncak Gunung Suribachi, Jepang. Foto ini diambil oleh Joe Rosenthal pada 23 Februari 1945, pada perang Iwo Jima. Dokumentasi tersebut sangat terkenal, sampai dibuatkan patung di Arlington, Virginia. Foto ini juga menjadi sampul buku 'Flags of Our Fathers' dan film berjudul sama.

Pada Minggu (11/11/12) lalu, AS merayakan Hari Veteran. Kali ini, sebuah restoran barbecue di Glen Burnie, Maryland, membuat acara amal untuk para mantan pejuang kemerdekaan. Sebuah cake Iwo Jimapun dibagikan gratis kepada mereka.

Restoran Mission BBQ bekerjasama dengan Charm City Cakes membuat cake setinggi 76,2 cm yang terbuat dari cake chocolate espresso, chocolate peanut-butter cup, dan brownie. Di bagian atasnya terdapat figur 'Raising the Flag on Iwo Jima' yang terbuat dari fondant.

Menurut salah satu pembuatnya, Geof Manthorne, kue ini cukup untuk sedikitnya 400 orang. Tim pembuat kue mulai membentuknya pada Jumat (09/11/12) dan memberi sentuhan akhir pada Senin (12/12/12). Kemudian, mereka mengantarkannya ke Mission BBQ.

"Hari Veteran sangatlah penting bagi kami. Siapa lagi yang lebih pantas daripada para veteran yang telah berjuang untuk kebebasan kita?" ujar Steve Newton, pemilik Mission BBQ, seperti dikutip dari situs Baltimore Magazine (11/11/12).

Acara penghormatan terhadap para veteran ini dilaksanakan pada Senin (12/11/12). Dibuka pada pukul 11.00, kegiatan ini akan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Amerika. Para veteran yang hadir akan mendapatkan sandwich dan cake gratis.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment