Monday, November 5, 2012

Sluuurp... Segarnya The Sourtoe Cocktail, Cocktail Jempol Kaki!


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Cocktail biasanya dihiasi dengan ceri, olive atau kulit jeruk. Namun, sebuah bar yang terletak di Kanada memberi hiasan aneh dan menjijikkan pada cocktailnya. Walaupun sedikit menjijikkan, ternyata minuman ini justru sangat disukai oleh pencinta cocktail.

Ada kreasi cocktail tergila yang kini sedang menjadi trend. The Sourtoe Cocktail, sebuah cocktail yang dicampur dengan jempol kaki yang diawetkan. Menurut wall street journal (07/11/2012), bar yang menyajikan cocoktail ini bernama Downtown Hotel's Sourdough Saloon di Yukon, Dawson, Kanada.

Banyak orang yang menyukai cocktail ini sampai-sampai ada sebuah klub yang dinamakan Sourtoe Cocktail Club dengan anggota mencapai 100.000 orang. Kini, berita tentang bar ini menjadi sensasi tersendiri di internet.

The Sourtoe cocktail pertama kali dibuat tahun 1973, karena kapten Dick River Rat Stevenson. Dialah yang menemukan sebotol penuh jempol manusia yang telah diawetkan di dalam kaleng acar di kabin yang terletak di pinggir kota. Stevensonlah yang membuat peraturan yang mengharuskan jempol kaki harus menyentuh bibir saat cocktail diminum, apapun minumannya (bir, champagne, atau cocktail).

Sejak tahun 1973 ternyata banyak jempol yang sudah hilang. Jempol kaki yang asli tidak sengaja tertelan setelah tersentuh bibir sebanyak 725 kali pada musim panas tahun 1980. Jempol penggantinya tertelan lagi pada tahun 1983 dan setelah itu banyak jempol-jempol kaki tersebut yang rusak.

Kebanyakan jempol-jempol kaki ini merupakan hasil dari sumbangan sukarela. Beberapa diantaranya mendonorkan jempol mereka setelah mengalami kecelakaan. Jumlahnya saat ini sudah ada sekitar delapan jempol yang sudah diawetkan.

Dewan Kesehatan Yukon mengatakan jempol tersebut aman untuk dikonsumsi karena sudah diawetkan di dalam alkohol obat dan dan dibungkus dengan garam kering. Menurut orang-orang yang pernah meminumnya, tambahan jempol ini tidak menambah rasa apapun dalam cocktail.

Tidak hanya disajikan dengan cocktail, jempol yang sudah diawetkan ini bisa disajikan dengan berbagai minuman. Segelas sourcocktail ini hanya dikenakan harga Rp 49.000,00.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment