Friday, November 2, 2012

Wah, Aroma Wangi Roti Yang Dipanggang Bisa Perbaiki Mood!


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Aroma mentega, tepung dan gula menyatu sempurna saat roti matang. Harumnya roti bisa bikin perut lapar seketika. Selain menggelitik perut yang lapar, ternyata dari aromannya saja sudah bisa merubah suasana hati.

Roti biasanya terbuat dari tepung terigu, gula, ragi dan mentega. Aroma wangi mentega dan ragi dari roti saat dipanggang tercium harum. Bagian luar roti lebih kering dan kecokelatan, sedangkan bagian dalamnya berwarna putih dan empuk.

Seperti yang dilaporkan Daily Express, menurut ahli psikologi Prancis, orang yang sedang melewati toko roti cenderung jadi lebih baik ketika melihat orang lewat yang menjatuhkan barangnya. Hal ini disebabkan karena mereka baru saja mencium wangi aroma roti. Kejadian ini bisa berbanding terbalik jika mereka tidak sedang melewati toko roti.

Para peneliti dari University of Southern Brittany mencoba membuktikan pernyataan ini. Melibatkan delapan responden pria dan wanita. Semua responden diminta untuk berdiri di luar toko roti atau butik.

Setelah itu mereka diminta untuk melewati depan toko roti dan butik, dengan sengaja reponden juga menjatuhkan sarung tangan dan dilakukan berulang-ulang hingga 400 kali. Hasilnya, sebanyak 77 persen orang yang lewat depan toko roti segera mengambilkan sarung tangan yang jatuh.

Sedangkan orang yang melewati butik dan melihat sarung tangan yang jatuh, hanya sekitar 52 persen yang mengambilkan sarung tangan dan mengembalikannya. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa aroma roti membuat suasana hati seseorang jadi lebih baik. Penelitian ini juga telah tercatat dalam Journal of Social Psychology.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment