Thursday, November 1, 2012

Wah, Cantiknya Lobster Dengan Dua Warna Ini!


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Masih ingat dengan karakter Two Face? Musuh Batman yang mempunyai dua wajah, satu sisi wajahnya berwarna putih dan sisi lainnya berwarna hitam. Rupanya, hal ini nyata tapi bukan dalam wujud manusia melainkan lobster hidup!

Pertama kali lobster ini terlihat seperti lobster yang hanya matang di satu sisi badannya. Ternyata lobster langka ini memang benar-benar ada. The Associated Press (01/11/2012) melaporkan bahwa seekor lobster langka dengan warna oranye hitam terpisah ditengah, baru-baru ini ditangkap oleh nelayan Massachusetts.

Menurut Boston (01/11/2012) Dana Duhaime, seorang penangkap lobster menemukan lobster ini pada hari Senin (30/10/2012) di salah satu perangkapnya. Ahli biologi The New England Aquarium inipun membawa lobster seberat setengah kilo tersebut ke akuarium untuk debutnya setelah badai Sandy.

Ilmuwan percaya bahwa warna yang dihasilkan terjadi pada saat pembagiam sel saat telur lobster dibuahi. Menurut pihak Aquarium, warna oranye pada lobster terlihat saat mahluk laut tersebut kekurangan pigmen biru.

Kemungkinan warna ini hanya terjadi pada satu banding 50 juta lobster. Menurut kabar terbaru, lobster akan dikarantina sebelum diperlihatkan di akuarium yang disesuaikan dengan habitat aslinya atau digunakan untuk presentasi mahluk hidup.

Selain itu, dilaporkan dalam kurun waktu 10 tahun belakangan jenis lobster berbeda warna telah ditangkap di Maine, Rhode Island, dan Nova Scotia.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment